Ke Atas ^
  • Jangan Takut Gagal

    “Kegagalan bukan berarti kita kalah, sebaliknya kegagalanlah yang akan membawa kita menuju kesuksesan, kgagalan adalah kesuksesan yang tertunda, kita harus berani mencobanya kembali dan mencari dimana letak kesalahan kita”

    Gagal, bagi orang awam banyak yang mengartikan bahwa, kegagalan merupakan akhir dari segalanya. Itu bagi orang-orang yang tak mengetahui apa itu kegegalan dan siapa yang telah menyebabkan kita gagal? Padahal dari kegagalan tersebut kita bisa mempelajari kembali dimana letak kesalahan kita, yang telah menyebabkan kita gagal. Tak hanya itu dari keegagalan tersebut berarti kita mendapatkan pelajaran baru. Gagal merupakan awal dari kesuksesan kita, tak ada kesuksesan tanpa melalui kegagalan tersebut.

    Sedangkan orang yang menyebabkan kita gagal yaitu diri kita sendiri. mengapa, karena ketidak beranian daalam menunjukkan kreatifitas  kita terhadap orang lain “tidak percaya diri”. Kebanyakan dari kita tidak berani menunjukkan kemampuan kita karena takut ditertawakan orang ataupun diremehkan. Maka dari itu sikap PDlah yang menjadi kunci utamanya. Tetapi kita juga harus tetap waspada terhadap orang-orang yang ada disekitar kita, bisa jadi ada orang yang tidak suka dengan kesuksesan kita sehingga mempunyai niat jahat, karena semakin kita sukses semakin banyak puala orang yang akan menjatuhkan kita.

    Didunia selalu terdapat dua sisi yang berbeda, dari kedua sisi tersebutakan ada yang membut kita senang, jika Allah menciptakan siang, Allah juga akan menciptakan malam, ada musim hujan, maka akan ada musim panas, jika Allah menghendaki kegagalan, Allah juga akan menyiapkan kesuksesan. Jika kita belum dikasih kesuksesan itu ada hikmahnya, yaitu kita dapat terhidar dari sifat tercela seperti sifat sombong atau pamer.

    Jika kita diberikan cobaan yang berupa kegagalan , maka yang kita lakukan hanyalah bersabar, bersyukur, dan tidak patah semangat untuk mencobanya kembali, yang diperukan jika kita gagal yaitu ketangguhan, ya ketngguhan dirilah yang dapat melawan kurangnya ketidak percaya dirian, untuk menunjukkan keberanian kita dalam meraih kesuksesan. Ketangguhan memiliki arti kemempuan seseorang untuk melakukan yang terbaik dari apa yang diberikan kepadanya. Tak ada yang takmungkin jika kita mau berusaha. Manusia harus bangkit dari keterpurukan dan berjuang untuk keberhasilan. Seseorang harus mampu meneunjukkan jati dirinya bahwa kita adalah pejuang tangguh yang siap mengalahkan musuh.

    Guru terbaik dari kesuksesan adalah kegagalan. Karena jika kita gagal maka kita akan mencari dimana letak kesalahan kita dan belajar kembali dengan begitu kita akan nambah pengetahuan. Kalau kita sukses tanpa melalui yang namanya kegagalan itu sebenarnya rugi, karena kita tidak perlu belajar lagi. Dan juga sukses adalah puncaknya  pengorbanan. Gagal itu penting dengan gagal kita akan berusaha terus dengan belejar-belajar dan belajar.

    Sekarang bukan saatnya untuk merenungi kegagalan, seorang seajti sudah harus berhenti bersedih hati dan mengatakan “kegagalan bukan berarti aku telah melakukan kesalahan, sebenarnya itu adalah keberhasilanku yang tertunda”. Banyak orang terpuruk setelsh satu kali mengalami kegagalan, itu karena kita menilai diri dan kemampuan kita rendah. Padahal Allah mencitakan hambanya itu sama tanpa memilih-milih, hanya bedanya adalah orang yang mau berfikir dan tidak, mau berusaha dan tidak mau berusaha.

    Seorang anak memiliki tingkat kreatifitas lebih tinggi dari pada orang dewasa. Anak kecil berani karena dia belum tau apa itu kegagalan dan bahaya. Bagi mereka tidak ada kamus kegagalan. Sedangkan oarang dewasa tidak berani mengeluarkan kreatifitasnya, hanya karena takut jika akan gagal. Dan takut jika akan ditertawakan. Inilah yang menyebabkan kita menjadi orang yang terpuruk dan gagal, dan menjadi orang yang takut akan resio. Kesalahan yang paling besar dalam hidup adalah takut membuat kesalahan. Seorang pemuda sejati adalah tidak pernah takut untuk bertindak, karena hidup adalah percobaan.ingatlah ketika seorang anak ingin sekali mencoba ingin berjalan, mereka rela berkorban dengan jatuh seingga tubuhnya berdarah-darah. Tetapi mereka tidak lantas menyerah, mereka bahkan  mencobanya kembali, mencoba- mencoba dan terus mencoba.

    Hal yang paling terpening dalam memotivasi diri, menuju sukses adalah jangan takut untuk gagal, tetap percaya diri. Tetapi motivasi tidak diimbangi dengan tujuan yang jelas maka tidak akan jalan. Tidak tau kearah mana yang akan dituju adalah hal yang menyedihkan. Tujuan sangat penting, kalau memang tujuan yang kita inginkan belum tercapai kita bisa mencobanya kembali. jangan pernah takut untuk gagal semua orang pasti mengalami kegagalan namun jangan menjadi pribadi yang gagal. “ siapa yang tak pernah gagal, ingatlah kita bisa gagal dalam bentuk apapun, tetapi yang janganlah menjadi pribadi yang gagal” artinya orang yang sama sekali tidak mau berusaha untuk lebih maju. Ingatlah masa depan milik mereka yang tau bahwa kegagalan yang bertubi-tubi adalah proses yang harus dibayar untuk meraih kesuksesan. Selamat berjuang...

     


    | Link | Dibaca 2162 kali
memuat Disqus ...

Diatra Bulan Ini



Almanak